Cara melakukan bypass limit Hotspot untuk DMZ di Mikrotik

Tulisan ini adalah update dari tulisan sebelumnya yang kadang bekerja kadang tidak bekerja, so setelah mencari-cari referensi lain di internet akhirnya menjumpai cara yang tepat, setidaknya hingga tulisan ini dimuat. :)

Jadi, kita memiliki beberapa buah server lokal yang memberikan beberapa layanan kepada pengguna, baik pengguna yang terhubung melalui sistem Hostpot ataupun langsung menggunakan IP address. Ketika pengguna melalui sistem Hotspot mendownload file atau sekedar menonton streaming dari server lokal tanpa menggunakan login sebelumnya (tidak login ke internet, hanya intranet) tidak terjadi masalah (kecepatan maksimal tanpa ada batasan). Namun menjadi masalah ketika pengguna sistem Hotspot login dan mengakses server-server intranet, nah.. kecepatan upload maupun download dari pengguna ini akan terbatasi (ter-limit) oleh Sistem Hotspot yang memang dibatasi untuk upload dan download, yang sebenarnya hanya berlaku untuk internet, namun juga berpengaruh untuk intranet.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengakali supaya tidak ada limit untuk pengguna yang terdaftar di sistem Hotpost.

Buat MANGLE untuk menangkap paket upload dan download

 Buat SIMPLE QUEUE untuk menangkap paket yang sudah di tangkap di MANGLE

Jalankan SCRIPT setiap pengguna HOTSPOT baru melakukan login (pada semua profil hotpost)

Letakan script di setiap user profile yang ada di Hotspot, sehingga simple queue ini akan selalu berada paling atas pada daftar dinamic simple queue :

Juga tersedia versi video yang saya rekam beberapa waktu yang lalu :

Semoga membantu,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan isi perhitungan di bawah ini : *