:::: MENU ::::

Nonaktifkan pengaturan password policies pada Moodle 2.6.x

Secara default Moodle akan memberlakukan aturan pada setiap pemberian password baru untuk pengguna yang akan ditambahkan secara manual. Fitur ini satu sisi sangat membantu dalam keamanan password pengguna dari pencurian, namun juga terkadang membuat password menjadi rumit dan berakibat pada lupanya pengguna pada password mereka sendiri.

Tulisan ini akan memberikan cara bagaimana menonaktifkan pengaturan password policies pada moodle 2.6.x (versi yang berbeda bisa berbeda). Sehingga pengguna bisa menggunakan password yang lebih sederhana dan mudah untuk diingat.

Pertama, Login ke Moodle dengan akun Administrator. Kemudian dilanjutkan dengan Site Administration -> Security -> Site Policies. Cari tulisan Password Policy, Kemudian hapus centang yang ada pada bagian sebelah kanan tulisan tersebut. Kemudian simpan perubahan pada bagian paling bawah pengaturan Site Policies. CaptureSekarang coba tambahkan pengguna baru, anda bisa memasukan password baru yang lebih sederhana dari sebelumnya dan tidak ada muncul pesan syarat pembuatan password.

Anda bisa juga untuk tidak menghilangkan secara keseluruhan fitur tersebut, yakni dengan memodifikasi aturan yang ada tepat dibawah tulisan Password Policy. Seperti minimum jumlah karakter, syarat huruf besar/kecil, angka dan sebagainya.

Selamat mencoba, semoga bisa disesuaikan dengan aturan yang anda butuhkan untuk sistem elearning yang ada di kasus anda.

 

Tulisan Lainnya


So, what do you think ?

  • Silahkan isi perhitungan di bawah ini : *