Restart komputer server menggunakan aplikasi Webmin

Tulisan ini saya tulis karena ketidaktahuan saya menggunakan Webmin dengan baik :). Kasus ini bermula ketika mengganti setingan Squid Proxy yang terpasang di Server Linux Ubuntu, pertama kali saya mencoba mengakses server dengan Putty, namun karena koneksi WiFi-nya sedang sibuk, jadi koneksi sering putus setelah berhasil login menggunakan SSL.

Karena koneksi sering putus-putus, akhirnya saya membuka aplikasi Webmin. Webmin adalah aplikasi berbasis Web yang digunakan untuk melakukan administrasi server menggunakan Interface yang bersifat GUI (Graphical User Interface). Sehingga administrasi menjadi lebih mudah dengan bantuan tampilan yang lebih menarik dari pada CLI (Command Line Interface). Webmin lebih jelas dapat dilihat di http://webmin.com/, tersedia juga banyak modul yang berhubungan dengan sebuah komputer server.

Baiklah, kita akan melakukan restart komputer server melalui GUI-nya Webmin ini. Login ke Wembin dengan mengakses https://alamat_server:10000/. Maukan username dan password root anda. Kemudian arahkan ke System > Bootup and Shutdown. Kemudian scrool ke bawah, kemudian klik Reboot System untuk merestrart.

Lebih jelas, bila dilihat pada screenshot dibawah ini.

webmin-restart

Disini anda juga bisa mematikan server dengan Shutdown System atau melakukan restart service-service yang ada pada bagian atas.

Semoga artikel ini juga dapat membantu anda, tentunya juga pastikan CLI ada juga tersedia sebagai backup bilamana aplikasi Webmin mengalami kegagalan. :)

 

This entry was posted in Jaringan and tagged , on by .

About Henri

Menghabiskan paruh waktu di dunia programming, batch programming, atau kadang cuma kustom aplikasi web, kadang merangkap administrator jaringan dan pengembangannya, kadang memberikan tutorial di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan isi perhitungan di bawah ini : *