Saat kita melakukan pengembangan sebuah aplikasi, baik berbasis web atau desktop, dengan sistem kolaborasi, maka kita sangat memerlukan kontrol terhadap versi dari apa yang kita kerjakan atau dalam bahasa inggris version control, sehingga perubahan aplikasi pada level kode sumber dapat kita lacak perubahannya, baik secara individu maupun secara tim.

Salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam kontrol versi/version control ini adalah Git. Pada tulisan ini kita akan melakukan instalasi Git sebagai langkah awal kita dalam bergabung dalam dunia kolaborasi pengembangan aplikasi/software. Git juga akan menghubungkan kita dengan layanan Git berbasis web, seperti Github, GitLab, dan BitBukcet.

Install Git

Pada ubuntu server 18.04, Git sudah dimasukan kedalam repositori ubuntu secara default, sehingga kita dapat melakukan instalasi Git dengan perintah apt.

Ubuntu akan melakukan proses instalasi dengan mengikutkan beberapa paket yang akan dibutuhkan, ketik ‘Y’ untuk menyetujui proses instalasi dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Konfigurasi Git

Setelah proses instalasi selesai, kita lanjutkan dengan melakukan konfigurasi global dari git, anda bisa mendaftar di GitHub untuk membuat akun git sebagai tahap awal, anda akan diminta memasukan username dan password dan alamat email.

Kita akan memasukan username dan alamat email pada konfigurasi global dari git lokal kita.

Selanjutnya setelah melakukan konfigurasi diatas, kita dapat melihat konfigurasi tersebut dengan mengetikan perintah :

Maka akan terlihat username dan email yang baru kita konfigurasi. Konfigurasi juga bisa dilakukan dengan menampilan isi dari file konfigurasi dari pengguna yang sedang login, yakni dengan perintah :

Ubuntu Server 18.04 kita sudah siap kita gunakan dengan git yang sudah dikonfigurasi dengan GitHub sebagai public repositori kita.