Cara konfigurasi SSH Key untuk masuk ke Ubuntu Server 18.04 dengan Putty

Pendahuluan

Pada tulisan sebelumnya, kita sudah berhasil terhubung dengan server kita menggunakan autentifikasi username dan password. Pada tulisan ini kita akan mencoba terhubung dengan server kita menggunakan SSH Key, public dan private key.

Keunggulan metode ini memudahkan kita dalam mengakses, tidak perlu mengetikan username dan password lagi. Juga dari sisi keamanan, dengan public dan private key, sangat sulit untuk melakukan crack terhadap public dan private key, jika menggunakan username dan password mungkin lebih rentan.

Kebutuhan

  • Ubuntu Server 18.04
  • SSH Server yang sudah dikonfigurasi
  • PuTTY sebagai client
  • PuTTYGen adalah tool untuk men-generate public dan private key. (Silahkan unduh sesuai versi OS anda)

Membuat RSA key dengan PuttyGen

Kita akan mengenerate RSA menggunakan PuttyGen. Klik “Generate” untuk melakukan generate dan gerakan kursor pada area “Key” untuk proses generate nya. Tunggu hingga selesai.

Kemudian simpan public dan private key kedalam file. Klik “Save Public Key” dan “Save Private Key”. Akan muncul notifikasi bahwa kita belum menentukan passphrase. Lanjutkan saja.

Copy private key ke Server

Pertama kita buat folder .ssh di home direktori user dan file authorized_keys untuk menyimpan public key. Serta set permission untuk folder dan file tersebut sebagai berikut :

Selanjutnya, kita buka file authorized_keys menggunakan editor vim.

Kemudian tekan i untuk memulai mode insert. Selanjutnya buka public key di komputer kita, ketik “ssh-rsa ” dan klik kanan pada editor ubuntu untuk mem-paste-kan public key tersebut. Tekan tombol esc dan ketik :wq untuk menyimpan dan keluar dari editor vim.

Pastikan juga bahwa di konfigurasi SSH sudah di aktifkan baris berikit, di /etc/ssh/sshd_config :

 

Autentikasi SSH key ke Server

Buka putty dan masukan private key kedalam Connection -> SSH -> Auth. Cari lokasi dimana private key anda simpan. Masukan Auto-Username pada Connection-> Data dengan user root.

Jika berhasil login menggunakan private key, akan muncul pesan menggunakan RSA key tersebut.

Nonaktif kata sandi pada OpenSSH Server

Jika anda telah berhasil login menggunakan public dan private key, kita bisa menonaktifkan metode login menggunakan username dan password. Buka file konfigurasi di /etc/ssh/sshd_config dan buka komentar pada text konfigurasi :

Demikian cara konfigurasi SSH key untuk masuk ke ubuntu server 18.04 dengan PuTTY.

Semoga bermanfaat!.

Sumber : Bahasa Inggris, Bahasa Inggris 2.

Tulisan Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan isi perhitungan di bawah ini : *