Konfigurasi awal Server Ubuntu 18.04 LTS

Pengantar

Ketika awal melakukan proses instalasi ubuntu server 18.04, beberapa konfigurasi sudah disiapkan oleh ubuntu server, namun ada hal lain yang harus dilakukan untuk lebih mengamankan dan meningkatkan aksesibilitas dari ubuntu server kita.

Login sebagai root

Seperti pada tulisan ini, sudah dijelaskan bagaimana melakukan konesi dan terhubung dengan server kita secara remote/jarak jauh. Secara default, walaupun kita membuat pengguna baru saat instalasi, namun ada satu pengguna yang tetap ada, yakni root.

Root adalah pengguna dengan hak administratif pada sistem ubuntu atau linux pada umumnya dan memiliki hak akses yang sangat luas. Karena pengguna ini memiliki hak akses yang tidak terbatas, sebaiknya pengguna root tidak kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari kita waktu melakukan remote ke server ubuntu. Perubahan yang dibuat oleh pengguna root bisa membuat kerusakan yang berat meskipun kita tidak sengaja melakukannya.

Sebaiknya kita membuat dan menggunakan pengguna lain yang tetap bisa melakukan perintah administrasi.

Membuat pengguna baru

Untuk membuat pengguna baru kita dapat melakukannya dengan perintah :

silahkan ikuti dan jawab pertanyaan yang muncul selama proses ini, didalamnya juga di atur kata sandi pengguna.

Silahkan masukan kata sandi yang anda inginkan, beberapa isian lain bisa dilewatkan dengan menekan “enter“.

Memberikan Hak Akses

Kemudian, setelah pengguna baru berhasil dibuat dengan hak akses yang normal. Kita perlu memberikan hak akses yang berkaitan dengan admnistrasi server juga, layaknya pengguna root, dengan demikian pengguna baru ini dapat melakukan perintah administrasi dengan menyertakan sudo di awal setiap perintah yang dijalankan.

Untuk memberikan hak akses administrasi ini, kita perlu memasukan pengguna baru ini ke grup sudo. Secara default ubuntu server 18.04, pengguna yang tergabung dalam grup sudo bisa melakukan perintah sudo.

Masih sebagai pengguna root, kita lakukan perintah dibawah ini untuk memasukan pengguna baru ke grup sudo.

maka ketika kita login dengan pengguna henri, kita bisa melakukan perintah admin dengan mengawali perintah dengan sudo dan biasanya akan diminta kata sandi dari pengguna henri.

Konfigurasi awal Firewall (Dinding Api)

Firewall adalah semacam pelindung dari sisi kemanan data dan akses ke server kita. Pada ubuntu 18.04 kita dapat menggunakan firewall UFW untuk mengatur koneksi dan layanan yang diizinkan berjalan atau diakses. Konfigurasi awal menggunakan UFW sangat mudah.

Untuk melakuan enable aplikasi seperti OpenSSH yang secara default sudah dipasangkan ketika melakukan instalasi ubuntu 18.04, dapat dilakukan dengan perintah.

Kita lakukan perintah ini diawal agar ketika di enable, kita tetap terbuhung dengan server secara remote.

Untuk melihat status UFW, dapat dilakukan dengan.

Jika belum berjalan, dapat dijalankan dengan perintah.

bisa dilihat lagi status dari ufw, untuk memastikan ufw sudah berjalan atau belum.

Mengizinkan pengguna biasa untuk login secara remote

Setelah kita membuat pengguna sebagai penggunaan dalam sehari-hari, kita pastikan bahwa pengguna ini dapat melakukan login menggunakan kata sandi..

Jika pengguna root login dengan kata sandi

Ketika pengguna root login dengan kata sandi, maka seharusnya pengguna henri juga bisa login dengan cara yang sama dengan tulisan sebelumnya.

 

Demikian saja untuk konfigurasi awal server ubuntu 18.04 kita. Semoga bermanfaat.

Sumber : Bahasa Inggris.

Tulisan Lainnya

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan isi perhitungan di bawah ini : *